RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN Jajartunggal III/452
Kelas :
2 (Dua)
Semester : 2
Tema :
6 (Air, Bumi dan Matahari)
Sub Tema : 1 (Air)
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan actual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan actual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PPKN
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
Indikator
1.2.1 Memanfaatkan kebersamaan untuk menentukan tata
tertib di rumah.
2.3.1 Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan
bertanggungjawab.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.3 Memiliki
rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Mengenal
teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati
dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
INDIKATOR
1.2.1 Memanfaatkan keagungan Tuhan untuk menuliskan
cerita narasi.
2.3.1 Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan
bertanggungjawab.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang
alam sekitar.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil
pengamatan alam sekitar.
MATEMATIKA
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.6 Mengetahui
satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang
baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
4.5 Memecahkan
masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabnya.
INDIKATOR
1.1.1 Menerima anugerah Tuhan berupa jari tangan
untuk mengukur satuan todak baku.
2.2.1
Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan bertanggungjawab.
3.6.1 Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan
satuan tidak baku.
3.10.1 Membandingkan
hasil pengukuran panjang benda.
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang
benda
SBDP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal
bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
INDIKATOR
1.1.1 Memanfaatkan keindahan alam untuk membuat
kesenian.
2.2.1 Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan
bertanggungjawab.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan
tekstur.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati contoh teks laporan, siswa
dapat mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar dengan
cermat.
2. Dengan membaca teks laporan, siswa dapat
mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dengan cermat.
3. Dengan memahami manfaat tata tertib, siswa
dapat melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar dengan percaya diri.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
membandingkan hasil pengukuran panjang benda dengan cermat.
6. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengukur
panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku dengan cermat.
7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memecahkan
masalah yang berkaitan dengan panjang benda dengan tanggung jawab.
8. Dengan mengamati gambar, siswa menentukan
bahan dan alat dalam membuat karya seni dengan cermat.
9. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membentuk
karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih dengan cermat.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
PPKn = Tata Tertib di rumah.
Bahasa Indonesia = membuat cerita
narasi.
Matematika = satuan tidak baku.
SBDP = karya seni rupa.
E.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
• Gambar
kenampakan alam seperti: laut, danau, sungai, air terjun, dan perumahan.
• Cuplikan berita tentang penduduk
yang kekurangan air bersih.
• Gambar Edo, kakak, dan ibu sedang
memegang benda.
• Gambar Edo dan kakak sedang mengukur
tinggi ember dan bak air.
• Gambar beberapa contoh karya seni
beserta alat dan bahannya.
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Metode pembelajaran : Scientific Approach (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mangasosiasi dan mengkomunikasikan)
2. Teknik pembelajaran : ceramah,
demonstrasi, penugasan, diskusi, dan presentasi
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Alokasi
|
Awal
|
1. Mengucapkan salam, berdoa, presensi
terhadap kehadiran siswa.
2. Melakukan alfa zone dengan melakukan
“tepuk semangat”.
3. Melakukan apersepsi dengan melakukan
kegiatan :
-
Hal
apa yang paling penting dalam kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan ?
-
Bisakah
manusia, hewan dan tumbuhan hidup tanpa air ?
-
Bagaimana
apabila air juga datang tiba-tiba dalam jumlah yang sangat besar ?
4. Menghubungkan materi yang akan
disampaikan dengan materi yang telah dipelajari lalu.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
kepada siswa.
|
15 mnt
|
Inti
|
·
Siswa mengamati gambar-gambar perairan yang ada di
alam, kemudian menyebutkan di antara tempat-tempat tersebut mana yang ada di
sekitar siswa (mengamati).
·
Ketika mengamati gambar, siswa memikirkan kalimat yang
sesuai dengan gambar (menalar).
·
Siswa menuliskan kalimat di bawah gambar yang sesuai
(mengomunikasikan).
·
Kalimat yang dituliskan siswa pasti beragam.
Beberapa siswa membacakan kalimat yang ditulisnya dan ditanggapi oleh
teman-temannya. Guru memfasilitasi terjadinya tanya jawab mengenai pendapat
siswa tersebut.
·
Siswa membaca cuplikan berita tentang penduduk yang kekurangan
air bersih karena banjir (mengamati).
·
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan cuplikan
berita yang telah dibaca (menalar).
·
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap
kelompok terdiri atas 3 orang. Topik yang didiskusikan adalah mengenai air.
·
Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan
yang ada di buku siswa (menalar). Kesantunan siswa dalam berdiskusi diamati
oleh guru.
·
Salah satu anggota kelompok mencatat jawaban hasil diskusi.
·
Hasil diskusi dituliskan dalam bentuk laporan sesuai
format yang ada di buku siswa. Kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi
berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang harus didiskusikan
(mengomunikasikan).
·
Siswa mengamati gambar pada buku siswa untuk
dibandingkan tinggi dan pendeknya (mengamati). Gambar yang diamati adalah
gambar botol minuman, gelas, dan cangkir.
·
Kegiatan tambahan: Kegiatan ini dapat ditambah
dengan membandingkan botol minuman yang dibawa siswa. Botol minuman siswa
dibandingkan tinggi rendahnya.
·
Siswa membandingkan tinggi benda berdasarkan gambar dengan
mengisi titik menggunakan kata lebih pendek atau lebih tinggi (menalar).
·
Siswa mengamati gambar cara mengukur benda dengan menggunakan
alat ukur tak baku, yaitu jengkal tangan (mengamati).
·
Siswa mengamati gambar hasil pengukuran yang berbeda
antara Edo dan Kakak Edo. Siswa menjawab pertanyaan mengapa hasil pengukuran
itu berbeda (menalar).
·
Sebelum melakukan kegiatan berkreasi, siswa
melakukan pengukuran beberapa peralatan (mencoba). Pengukuran dilakukan
dengan jengkal tangan.
·
Hasil pengukuran dituliskan di dalam tabel.
Kemudian, siswa membandingkan hasil pengukurannya dengan hasil temannya
(mengamati).
·
Perbandingan dapat dilakukan antara dua teman, dapat
juga dalam kelompok yang lebih besar.
·
Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan mengapa hasil
pengukuran berbeda atau sama (menalar).
·
Hasil pengkuran yang berbeda untuk benda yang sama disebabkan
oleh panjang jengkal tangan setiap siswa berbeda. Apabila ada hasil
pengukuran yang sama, hal itu menandakan bahwa panjang jengkal tangan para
siswa itu sama.
·
Siswa menjodohkan gambar kegiatan berkreasi dengan
peralatan yang digunakan (menalar).
· Siswa
menggambar wadah air yang sering digunakan. Guru mengarahkan siswa untuk menggunakan
bahan dan alat yang sesuai.
|
145 mnt
|
Akhir
|
1. Siswa dan guru menyimpulkan atau
membuat rangkuman pelajaran selama sehari secara bersama-sama.
2. Melakukan tanya jawab terhadap
materi yang telah dipelajari.
3. Siswa menerima kegiatan tindak
lanjut dari guru.
4. Melakukan penilaian terhadap hasil
belajar
5. Siswa berdoa sesuai dengan kepercayaan
masing-masing.
|
15 mnt
|
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b.
Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil
belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
NO
|
NAMA SISWA
|
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
|
|||||||||||
Cermat
|
Percaya Diri
|
Bertanggung jawab
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
AHMAD G. A. ALDIANSYAH
|
||||||||||||
2
|
AISYAH RAMADHANI
|
||||||||||||
3
|
ANGGA WAHYU SAMUDRO
|
||||||||||||
4
|
ANGGUN MAWANDA APRILIA
|
||||||||||||
5
|
ARYA AGUNG LAKSANA
|
||||||||||||
6
|
CAEREN VIRNANDO
|
||||||||||||
7
|
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA
|
||||||||||||
8
|
DEWI NILA SARI
|
||||||||||||
9
|
DIMAS AHMAD HASBY
|
||||||||||||
10
|
DITA WAHYU MIFTAKUL J.
|
||||||||||||
11
|
EGA SETIAWAN
|
||||||||||||
12
|
ELFINA ANGGRAENI
|
||||||||||||
13
|
FAIZAH QURROTA A’YUN
|
||||||||||||
14
|
FAREL ARDIANSYAH
|
||||||||||||
15
|
FATHIR ALFATH ALI M. A.
|
||||||||||||
16
|
KEVIN ALRISTON HADING S.
|
||||||||||||
17
|
KHOIRUL ARIA SAPUTRA
|
||||||||||||
18
|
LUTFAN IKHSAN PERNAMA
|
||||||||||||
19
|
MEYSIA FITRIANDITA L.
|
||||||||||||
20
|
MOCH. RASYA PUTRA P.
|
||||||||||||
21
|
MU’AZOROTU AZIFA
|
||||||||||||
22
|
MUHAMMAD FICKY AFFANDI
|
||||||||||||
23
|
NADYA TRI GANDHI
|
||||||||||||
24
|
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI
|
||||||||||||
25
|
NAURA QUROTU’AIN
|
||||||||||||
26
|
NAVILA OKTA ANGGRAINI
|
||||||||||||
27
|
RASYA PUTRA RIYADI
|
||||||||||||
28
|
SITI NUR AINNI
|
||||||||||||
29
|
VIDELA AMARIA NIMASHUDI
|
||||||||||||
30
|
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI
|
b.
Penilaian Pengetahuan
c.
Penilaian Ketrampilan
NO
|
NAMA SISWA
|
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
|
|||||||||||||||
KRITERIA 1
|
KRITERIA 2
|
KRITERIA 3
|
KRITERIA 4
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
AHMAD G. A. ALDIANSYAH
|
||||||||||||||||
2
|
AISYAH RAMADHANI
|
||||||||||||||||
3
|
ANGGA WAHYU SAMUDRO
|
||||||||||||||||
4
|
ANGGUN MAWANDA APRILIA
|
||||||||||||||||
5
|
ARYA AGUNG LAKSANA
|
||||||||||||||||
6
|
CAEREN VIRNANDO
|
||||||||||||||||
7
|
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA
|
||||||||||||||||
8
|
DEWI NILA SARI
|
||||||||||||||||
9
|
DIMAS AHMAD HASBY
|
||||||||||||||||
10
|
DITA WAHYU MIFTAKUL J.
|
||||||||||||||||
11
|
EGA SETIAWAN
|
||||||||||||||||
12
|
ELFINA ANGGRAENI
|
||||||||||||||||
13
|
FAIZAH QURROTA A’YUN
|
||||||||||||||||
14
|
FAREL ARDIANSYAH
|
||||||||||||||||
15
|
FATHIR ALFATH ALI M. A.
|
||||||||||||||||
16
|
KEVIN ALRISTON HADING S.
|
||||||||||||||||
17
|
KHOIRUL ARIA SAPUTRA
|
||||||||||||||||
18
|
LUTFAN IKHSAN PERNAMA
|
||||||||||||||||
19
|
MEYSIA FITRIANDITA L.
|
||||||||||||||||
20
|
MOCH. RASYA PUTRA P.
|
||||||||||||||||
21
|
MU’AZOROTU AZIFA
|
||||||||||||||||
22
|
MUHAMMAD FICKY AFFANDI
|
||||||||||||||||
23
|
NADYA TRI GANDHI
|
||||||||||||||||
24
|
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI
|
||||||||||||||||
25
|
NAURA QUROTU’AIN
|
||||||||||||||||
26
|
NAVILA OKTA ANGGRAINI
|
||||||||||||||||
27
|
RASYA PUTRA RIYADI
|
||||||||||||||||
28
|
SITI NUR AINNI
|
||||||||||||||||
29
|
VIDELA AMARIA NIMASHUDI
|
||||||||||||||||
30
|
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI
|
NO
|
NAMA SISWA
|
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
|
|||||||
KRITERIA 1
|
KRITERIA 2
|
||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
AHMAD G. A. ALDIANSYAH
|
||||||||
2
|
AISYAH RAMADHANI
|
||||||||
3
|
ANGGA WAHYU SAMUDRO
|
||||||||
4
|
ANGGUN MAWANDA APRILIA
|
||||||||
5
|
ARYA AGUNG LAKSANA
|
||||||||
6
|
CAEREN VIRNANDO
|
||||||||
7
|
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA
|
||||||||
8
|
DEWI NILA SARI
|
||||||||
9
|
DIMAS AHMAD HASBY
|
||||||||
10
|
DITA WAHYU MIFTAKUL J.
|
||||||||
11
|
EGA SETIAWAN
|
||||||||
12
|
ELFINA ANGGRAENI
|
||||||||
13
|
FAIZAH QURROTA A’YUN
|
||||||||
14
|
FAREL ARDIANSYAH
|
||||||||
15
|
FATHIR ALFATH ALI M. A.
|
||||||||
16
|
KEVIN ALRISTON HADING S.
|
||||||||
17
|
KHOIRUL ARIA SAPUTRA
|
||||||||
18
|
LUTFAN IKHSAN PERNAMA
|
||||||||
19
|
MEYSIA FITRIANDITA L.
|
||||||||
20
|
MOCH. RASYA PUTRA P.
|
||||||||
21
|
MU’AZOROTU AZIFA
|
||||||||
22
|
MUHAMMAD FICKY AFFANDI
|
||||||||
23
|
NADYA TRI GANDHI
|
||||||||
24
|
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI
|
||||||||
25
|
NAURA QUROTU’AIN
|
||||||||
26
|
NAVILA OKTA ANGGRAINI
|
||||||||
27
|
RASYA PUTRA RIYADI
|
||||||||
28
|
SITI NUR AINNI
|
||||||||
29
|
VIDELA AMARIA NIMASHUDI
|
||||||||
30
|
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI
|
NO
|
NAMA SISWA
|
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
|
|||||||
KRITERIA 1
|
KRITERIA 2
|
||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
AHMAD G. A. ALDIANSYAH
|
||||||||
2
|
AISYAH RAMADHANI
|
||||||||
3
|
ANGGA WAHYU SAMUDRO
|
||||||||
4
|
ANGGUN MAWANDA APRILIA
|
||||||||
5
|
ARYA AGUNG LAKSANA
|
||||||||
6
|
CAEREN VIRNANDO
|
||||||||
7
|
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA
|
||||||||
8
|
DEWI NILA SARI
|
||||||||
9
|
DIMAS AHMAD HASBY
|
||||||||
10
|
DITA WAHYU MIFTAKUL J.
|
||||||||
11
|
EGA SETIAWAN
|
||||||||
12
|
ELFINA ANGGRAENI
|
||||||||
13
|
FAIZAH QURROTA A’YUN
|
||||||||
14
|
FAREL ARDIANSYAH
|
||||||||
15
|
FATHIR ALFATH ALI M. A.
|
||||||||
16
|
KEVIN ALRISTON HADING S.
|
||||||||
17
|
KHOIRUL ARIA SAPUTRA
|
||||||||
18
|
LUTFAN IKHSAN PERNAMA
|
||||||||
19
|
MEYSIA FITRIANDITA L.
|
||||||||
20
|
MOCH. RASYA PUTRA P.
|
||||||||
21
|
MU’AZOROTU AZIFA
|
||||||||
22
|
MUHAMMAD FICKY AFFANDI
|
||||||||
23
|
NADYA TRI GANDHI
|
||||||||
24
|
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI
|
||||||||
25
|
NAURA QUROTU’AIN
|
||||||||
26
|
NAVILA OKTA ANGGRAINI
|
||||||||
27
|
RASYA PUTRA RIYADI
|
||||||||
28
|
SITI NUR AINNI
|
||||||||
29
|
VIDELA AMARIA NIMASHUDI
|
||||||||
30
|
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI
|
I.
RENCANA KEGIATAN TINDAK LANJUT
Surabaya, __________________
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2D
WIWIK PARWANTI, S.Pd,MM
ENDANG
S.W, S.Pd.SD
NIP. 19641128 199001 2
001 NIP.
19870614 201101 2 015
Komentar