RPP 2013













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SDN Jajartunggal III/452
Kelas                           : 2 (Dua)
Semester                    : 2
Tema                            : 6 (Air, Bumi dan Matahari)
Sub Tema                    : 1 (Air)
Pertemuan                  : 1
Alokasi Waktu            : 5 x 35 menit

A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan actual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan actual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PPKN
1.2    Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3    Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
Indikator
1.2.1 Memanfaatkan kebersamaan untuk menentukan tata tertib di rumah.
2.3.1 Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan bertanggungjawab.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga. 

BAHASA INDONESIA
1.2    Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.3    Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1    Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
INDIKATOR
1.2.1 Memanfaatkan keagungan Tuhan untuk menuliskan cerita narasi.
2.3.1 Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan bertanggungjawab.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
MATEMATIKA
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6    Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.10  Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
INDIKATOR
1.1.1    Menerima anugerah Tuhan berupa jari tangan untuk mengukur satuan todak baku.
2.2.1    Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan bertanggungjawab.
3.6.1    Mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku.
3.10.1  Membandingkan hasil pengukuran panjang benda.
4.5.1    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda

SBDP
1.1    Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
INDIKATOR
1.1.1 Memanfaatkan keindahan alam untuk membuat kesenian.
2.2.1 Menunjukkan sikap cermat, percaya diri dan bertanggungjawab.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Dengan mengamati contoh teks laporan, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar dengan cermat.
2.   Dengan membaca teks laporan, siswa dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan cermat.
3.   Dengan memahami manfaat tata tertib, siswa dapat melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
4.   Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar dengan percaya diri.
5.   Dengan mengamati gambar, siswa dapat membandingkan hasil pengukuran panjang benda dengan cermat.
6.   Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengukur panjang beberapa benda dengan menggunakan satuan tidak baku dengan cermat.
7.   Dengan bimbingan guru, siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang benda dengan tanggung jawab.
8.   Dengan mengamati gambar, siswa menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni dengan cermat.
9.   Dengan bimbingan guru, siswa dapat membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih dengan cermat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
PPKn = Tata Tertib di rumah.
Bahasa Indonesia = membuat cerita narasi.
Matematika = satuan tidak baku.
SBDP = karya seni rupa.

E.     MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Gambar kenampakan alam seperti: laut, danau, sungai, air terjun, dan perumahan.
• Cuplikan berita tentang penduduk yang kekurangan air bersih.
• Gambar Edo, kakak, dan ibu sedang memegang benda.
• Gambar Edo dan kakak sedang mengukur tinggi ember dan bak air.
• Gambar beberapa contoh karya seni beserta alat dan bahannya.

F.     METODE PEMBELAJARAN
1.    Metode pembelajaran : Scientific Approach (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mangasosiasi dan mengkomunikasikan)
2.    Teknik pembelajaran : ceramah, demonstrasi, penugasan, diskusi, dan presentasi

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-langkah
Alokasi
Awal
1.   Mengucapkan salam, berdoa, presensi terhadap kehadiran siswa.
2.   Melakukan alfa zone dengan melakukan “tepuk semangat”.
3.   Melakukan apersepsi dengan melakukan kegiatan :
-          Hal apa yang paling penting dalam kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan ?
-          Bisakah manusia, hewan dan tumbuhan hidup tanpa air ?
-          Bagaimana apabila air juga datang tiba-tiba dalam jumlah yang sangat besar ?
4.   Menghubungkan materi yang akan disampaikan dengan materi yang telah dipelajari lalu.
5.   Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.

15 mnt
Inti

·       Siswa mengamati gambar-gambar perairan yang ada di alam, kemudian menyebutkan di antara tempat-tempat tersebut mana yang ada di sekitar siswa (mengamati).
·       Ketika mengamati gambar, siswa memikirkan kalimat yang sesuai dengan gambar (menalar).
·       Siswa menuliskan kalimat di bawah gambar yang sesuai (mengomunikasikan).
·       Kalimat yang dituliskan siswa pasti beragam. Beberapa siswa membacakan kalimat yang ditulisnya dan ditanggapi oleh teman-temannya. Guru memfasilitasi terjadinya tanya jawab mengenai pendapat siswa tersebut.

·       Siswa membaca cuplikan berita tentang penduduk yang kekurangan air bersih karena banjir (mengamati).
·       Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan cuplikan berita yang telah dibaca (menalar).

·       Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3 orang. Topik yang didiskusikan adalah mengenai air.
·       Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar). Kesantunan siswa dalam berdiskusi diamati oleh guru.
·       Salah satu anggota kelompok mencatat jawaban hasil diskusi.
·       Hasil diskusi dituliskan dalam bentuk laporan sesuai format yang ada di buku siswa. Kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang harus didiskusikan (mengomunikasikan).

·       Siswa mengamati gambar pada buku siswa untuk dibandingkan tinggi dan pendeknya (mengamati). Gambar yang diamati adalah gambar botol minuman, gelas, dan cangkir.
·       Kegiatan tambahan: Kegiatan ini dapat ditambah dengan membandingkan botol minuman yang dibawa siswa. Botol minuman siswa dibandingkan tinggi rendahnya.
·       Siswa membandingkan tinggi benda berdasarkan gambar dengan mengisi titik menggunakan kata lebih pendek atau lebih tinggi (menalar).

·       Siswa mengamati gambar cara mengukur benda dengan menggunakan alat ukur tak baku, yaitu jengkal tangan (mengamati).
·       Siswa mengamati gambar hasil pengukuran yang berbeda antara Edo dan Kakak Edo. Siswa menjawab pertanyaan mengapa hasil pengukuran itu berbeda (menalar).

·       Sebelum melakukan kegiatan berkreasi, siswa melakukan pengukuran beberapa peralatan (mencoba). Pengukuran dilakukan dengan jengkal tangan.
·       Hasil pengukuran dituliskan di dalam tabel. Kemudian, siswa membandingkan hasil pengukurannya dengan hasil temannya (mengamati).
·       Perbandingan dapat dilakukan antara dua teman, dapat juga dalam kelompok yang lebih besar.
·       Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan mengapa hasil pengukuran berbeda atau sama (menalar).
·       Hasil pengkuran yang berbeda untuk benda yang sama disebabkan oleh panjang jengkal tangan setiap siswa berbeda. Apabila ada hasil pengukuran yang sama, hal itu menandakan bahwa panjang jengkal tangan para siswa itu sama.

·       Siswa menjodohkan gambar kegiatan berkreasi dengan peralatan yang digunakan (menalar).
·       Siswa menggambar wadah air yang sering digunakan. Guru mengarahkan siswa untuk menggunakan bahan dan alat yang sesuai.

145 mnt
Akhir
1.   Siswa dan guru menyimpulkan atau membuat rangkuman pelajaran selama sehari secara bersama-sama.
2.   Melakukan tanya jawab terhadap materi yang telah dipelajari.
3.   Siswa menerima kegiatan tindak lanjut dari guru.
4.   Melakukan penilaian terhadap hasil belajar
5.   Siswa berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
15 mnt

H.     PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.    Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.    Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
NO
NAMA SISWA
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
Cermat
Percaya Diri
Bertanggung jawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
AHMAD G. A. ALDIANSYAH












2
AISYAH RAMADHANI












3
ANGGA WAHYU SAMUDRO












4
ANGGUN MAWANDA APRILIA












5
ARYA AGUNG LAKSANA












6
CAEREN VIRNANDO












7
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA












8
DEWI NILA SARI












9
DIMAS AHMAD HASBY












10
DITA WAHYU MIFTAKUL J.












11
EGA SETIAWAN












12
ELFINA ANGGRAENI












13
FAIZAH QURROTA A’YUN












14
FAREL ARDIANSYAH












15
FATHIR ALFATH ALI M. A.












16
KEVIN ALRISTON HADING S.












17
KHOIRUL ARIA SAPUTRA












18
LUTFAN IKHSAN PERNAMA












19
MEYSIA FITRIANDITA L.












20
MOCH. RASYA PUTRA P.












21
MU’AZOROTU AZIFA












22
MUHAMMAD FICKY AFFANDI












23
NADYA TRI GANDHI












24
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI












25
NAURA QUROTU’AIN












26
NAVILA OKTA ANGGRAINI












27
RASYA PUTRA RIYADI












28
SITI NUR AINNI












29
VIDELA AMARIA NIMASHUDI












30
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI













b.    Penilaian Pengetahuan


c.    Penilaian Ketrampilan



NO
NAMA SISWA
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
KRITERIA 1
KRITERIA 2
KRITERIA 3
KRITERIA 4
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
AHMAD G. A. ALDIANSYAH
















2
AISYAH RAMADHANI
















3
ANGGA WAHYU SAMUDRO
















4
ANGGUN MAWANDA APRILIA
















5
ARYA AGUNG LAKSANA
















6
CAEREN VIRNANDO
















7
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA
















8
DEWI NILA SARI
















9
DIMAS AHMAD HASBY
















10
DITA WAHYU MIFTAKUL J.
















11
EGA SETIAWAN
















12
ELFINA ANGGRAENI
















13
FAIZAH QURROTA A’YUN
















14
FAREL ARDIANSYAH
















15
FATHIR ALFATH ALI M. A.
















16
KEVIN ALRISTON HADING S.
















17
KHOIRUL ARIA SAPUTRA
















18
LUTFAN IKHSAN PERNAMA
















19
MEYSIA FITRIANDITA L.
















20
MOCH. RASYA PUTRA P.
















21
MU’AZOROTU AZIFA
















22
MUHAMMAD FICKY AFFANDI
















23
NADYA TRI GANDHI
















24
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI
















25
NAURA QUROTU’AIN
















26
NAVILA OKTA ANGGRAINI
















27
RASYA PUTRA RIYADI
















28
SITI NUR AINNI
















29
VIDELA AMARIA NIMASHUDI
















30
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI


















NO
NAMA SISWA
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
KRITERIA 1
KRITERIA 2
4
3
2
1
4
3
2
1
1
AHMAD G. A. ALDIANSYAH








2
AISYAH RAMADHANI








3
ANGGA WAHYU SAMUDRO








4
ANGGUN MAWANDA APRILIA








5
ARYA AGUNG LAKSANA








6
CAEREN VIRNANDO








7
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA








8
DEWI NILA SARI








9
DIMAS AHMAD HASBY








10
DITA WAHYU MIFTAKUL J.








11
EGA SETIAWAN








12
ELFINA ANGGRAENI








13
FAIZAH QURROTA A’YUN








14
FAREL ARDIANSYAH








15
FATHIR ALFATH ALI M. A.








16
KEVIN ALRISTON HADING S.








17
KHOIRUL ARIA SAPUTRA








18
LUTFAN IKHSAN PERNAMA








19
MEYSIA FITRIANDITA L.








20
MOCH. RASYA PUTRA P.








21
MU’AZOROTU AZIFA








22
MUHAMMAD FICKY AFFANDI








23
NADYA TRI GANDHI








24
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI








25
NAURA QUROTU’AIN








26
NAVILA OKTA ANGGRAINI








27
RASYA PUTRA RIYADI








28
SITI NUR AINNI








29
VIDELA AMARIA NIMASHUDI








30
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI










NO
NAMA SISWA
PERUBAHAN TINGKAH LAKU
KRITERIA 1
KRITERIA 2
4
3
2
1
4
3
2
1
1
AHMAD G. A. ALDIANSYAH








2
AISYAH RAMADHANI








3
ANGGA WAHYU SAMUDRO








4
ANGGUN MAWANDA APRILIA








5
ARYA AGUNG LAKSANA








6
CAEREN VIRNANDO








7
CALVIN FERDIANSYAH PUTRA








8
DEWI NILA SARI








9
DIMAS AHMAD HASBY








10
DITA WAHYU MIFTAKUL J.








11
EGA SETIAWAN








12
ELFINA ANGGRAENI








13
FAIZAH QURROTA A’YUN








14
FAREL ARDIANSYAH








15
FATHIR ALFATH ALI M. A.








16
KEVIN ALRISTON HADING S.








17
KHOIRUL ARIA SAPUTRA








18
LUTFAN IKHSAN PERNAMA








19
MEYSIA FITRIANDITA L.








20
MOCH. RASYA PUTRA P.








21
MU’AZOROTU AZIFA








22
MUHAMMAD FICKY AFFANDI








23
NADYA TRI GANDHI








24
NAILA PUTRI YULISTIARAWATI








25
NAURA QUROTU’AIN








26
NAVILA OKTA ANGGRAINI








27
RASYA PUTRA RIYADI








28
SITI NUR AINNI








29
VIDELA AMARIA NIMASHUDI








30
ZASKIA SHAKIRA NAZAHRANI









I.       RENCANA KEGIATAN TINDAK LANJUT


Surabaya, __________________  
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas 2D



WIWIK PARWANTI, S.Pd,MM                                             ENDANG S.W, S.Pd.SD
NIP. 19641128 199001 2 001                                                 NIP. 19870614 201101 2 015




















 




















Komentar